Kamis, 21 Februari 2013

Menjawab Alasan Melepas Jilbab by Quraish shihab

assalamualaikum wr. wb...
haiii.... haiiii...
sudah lama ga posting sebuah artikel yang bermanfaat. ini tadi tiba-tiba kepikiran, cliiinng., mau share sedikit ilmu tentang Islam. aku sendiri juga masih belajar sich, makanya aku share bacaanku ini, siapa tahu bermanfaat..

Jadi bukunya ini judulnya M.Quraish Shihab Menjawab 101 soal perempuan yang patut anda ketahui.Aku beli harganya sekitar 60.000an ( Harda Cover ).

Sudah pada tau donk Pak Quraish Shihab itu siapa?? Yupz, Betul! Beliau adalah salah satu ahli tafsir di Indonesia. Ahli tafsir dan penerjemah itu beda lho ya guys..Untuk mendapat gelar sebagai ahli tafsir Al-Qur'an itu ngga gampang lho, harus belajar mengenai asbabul nuzulnya (sebab-sebab turunnya) Al-Qur'an dulu, dan u know what? waktu yang dibutuhkan itu ngga sebentar. Dan sejauh pengetahuanku di Indonesia ya Pak Quraish ini, hehehehh sepengetahuanku loh ya. .

back to the book, jadi kaya gini ini penampakannya:
Tampak Depan, Tampak Belakang


Kiri : quote dari Quraish Shihab. Kalau kurang jelas gambarnya tulisannya itu kaya gini : saudariku, putriku.... Kita semua mendambakan kecantikan. Tuhanpun Indah dan menyukai keindahan. Tapi, ada  pesan-Nya: Sertakan bersama kecantikan, tiga hal ; kesederhanaan, kesucian, dan kehormatan. Apa yang anda baca disini adalah bagian dari ketiga hal itu... saya berusaha menghidangkannya yang " termudah" dari aneka hidangan yang tersedia... Mohon jangan dikurangi dan ditawar lagi.

Kanan : menunjukkan kalau buku ini merupakan Katalog Dalam Terbitan, yang artinya kalau ga salah intinya buku ini layak baca dan sumber yang terpercaya keilmuannya :-)

Naahhhh, dihalaman 12 itu ada yang bertanya, pertanyaannya seperti ini:
" Pak, adik perempuan saya memakai jilbab. Tapi dikantor jilbabnya dibuka, padahal ia seruangan dengan laki-laki. Tapi jika ia keluar kantor untuk makan siang atau hal lainnya, jilbabnya dipakai. Alasannya, teman laik-laki seruangannya adalah teman-teman yang sudah saling mengenal satu sama lain dan tidak mungkin lagi ada nafsu atau terangsang apabila melihat dia tanpa jilbab. Lebih-lebih lagi, menurutnya, menutup aurat intinya adalah agar lawan jenis yang bukan muhrim tidak terangsang. Bagaimana ini menurut Pak Ustadz? "

Jawaban Quraish Shihab kaya gini:
" Saya tidak akan menjelaskan dalam jawaban berikut persoalan hukum berjilbab bagi perempuan muslimah ( setauku sich beliau menjelaskan mengenai jilbab dalam buku terpisah, karena pasti ada banyak pertentangan dari beberapa mazhab, maka akupun memutuskan untuk tidak membeli buku tersebut. aku sudah meyakini bahwa berjilbab itu wajib, ya sudah aku ngga mau mencari-cari alasan pembenar yang membenarkan pemikiran bahwa tidak berjilbab itu diperbolehkan. Lagian ilmuku juga masih dikit banget, cari aman aja, lagian aku kelihatan lebih manis koq kalau berjilbab huehehheheh). Yang saya ingin dudukkan adalah pandangan adik perempuan anda tentang dalihnya membuka jilbab dikantor dan memakainya di luar kantor.
 Ada beberapa hal yang digarisbawahi agama agar diletakkan dalam konteks kehati-hatian. Salah satu diantaranya adalah yang berkaitan dengan berahi. Karena itu, misalnya larangan al-Quran tentang zina adalah larangan mendekatinya, bukan melakukannya, karena mendekati dapat mendorong untuk melakukannya ( QS. Al-Isra' (17) : 32). Demikian juga menggauli istri sendiri ketika sedang menstruasi, Allah melarang mendekatinya ( QS. al-Baqarah (2) : 222), yakni mendekatai apa yang ada di bawah perutnya karena itu dapat merangsang hubungan sebadan. Ini berbeda misalnya dengan larangan membunuh.Yang dilarang adalah melakukannya bukan mendekatinya. hal tersebut demikian karena birahi dapat terangsang secara tiba-tiba, lebih-lebih bagi lelaki. Nah, demikian juga dengan mereka yang berkata: " Saya atau dia tidak terangsang". Jangan juga berkata bahwa perempuan yang telah mencapai usia empat puluhan tidak menimbulkan rangsangan lagi. Kalaupun perempuan itu merasa dirinya demikian, tidak ada jamina bagi semua laki-laki untuk tidak terangsang. Karena itu, dalih adik Anda itu tidak dapat diterima oleh agama. Demikian, wa Allah A'lam.
wellllllllllllllllllll, kepanjangan banget ya postingannya. Untuk berikutnya aku mungkin akan posting mengenai kecantikan, make up, dll seputar lifestyle menurut pandangan Islam.

Last but  not least, semua wanita itu tentunya dan mungkin memang sudah diciptakan dengan hasrat untuk selalu tampil cantik dan juga menarik, tak terkecuali dengan diriku. Namun alangkah baiknya jika kecantikan itu sesuai dengan ajaran agama yang kita percayai, yang pastinya yang akan membawa kebaikan selalu pada kita.  Semoga bermnafaat aannnddd see u on my next post ....

wassalamualaikum wr. wb

1 komentar: